Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Thursday 22 May 2014

Pengaruh Transaksi di Internet Terhadap Perkembangan Keputusan di Masa Depan Terkait KSI

    Teknologi informasi saat ini berkembang sangat pesat. Teknologi informasi dibuat untuk memudahkan para penggunanya dalam mencatat suatu transaksi, menyimpan dalam bentuk data, mentransformasikannya menjadi informasi dan menyebarkannya kepada para pemakai informasi.
Menurut saya perkembangan dan pemanfaatan teknologi komputer dan telekomunikasi  dikalangan masyarakat sudah sedemikian cepat sehingga sudah berbaur dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari orang tua hingga anak-anak pun tidak ketinggalan mengikuti perkembangan teknologi ini, dimana perkembangan teknologi ini tentu memiliki nilai positif dan negatif. Seperti contohnya pada nilai positif  semua orang dapat mengakses informasi dalam sekejap dengan menggunakan internet dan dapat berkomunikasi dengan cepat pada jarak jauh sekali pun tapi di nilai negatif banyak yang menyalah gunakan penggunaan internet seperti  ketergandungan dengan game online, pornografi, dan lain-lain.
Penggunaan internet sangat menolong bagi para lapisan masyarakat pengusaha dan pembisnis atau bahkan masyarakat yang akan memulai bisnis, karena disini peran internet dapat membantu proses transaksi, serta tidak menyita banyak waktu karna internet dapat diakses dimana saja hanya dengan menggunakan leptop atau smartphone.
Dalam dunia bisnis teknologi informasi mempunyai dampak yang besar, misalnya suatu transaksi bisnis yang dicatat secara online, akan diolah dan pada saat yang hampir bersamaan (real-time) hasil pengolahan atau informasinya dapat dilihat, seperti lazimnya dilakukan para nasabah bank pada saat melalukan transaksi melalui ATM (Automated Taller Machine). Banyak orang sangat menyukai berbelanja online dibandingkan offline. Berbelanja di sebuah toko online memberikan sebuah kepuasan tertentu untuk setiap pembelinya, dimana pembelinya dapat merasakan manfaat, untuk masalah harga online shop memakai jenis pasar persaingan sempurna dimana harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara adanya penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga dan sebagai price-taker.
Lalu apa saja pengaruh kita dalam hal belanja melalui online ini. Menurut saya pribadi, minat seseorang untuk berbelanja online sangat dipengaruhi oleh kenyamanan, kepuasan serta persepsi harga yang diberikan oleh suatu toko online. Ketiga faktor tersebut diatas merupakan faktor kunci dalam mendapatkan hati konsumen dalam berbelanja. Kepuasan konsumen setelah ia berbelanja online menjadi pengaruh yang kuat dalam menarik intensi konsumen agar berbelanja kembali pada toko online yang sama. Sedangkan harga merupakan salah satu faktor penentu dalam menarik minat seseorang dalam berbelanja. Karena  suatu barang ataupun jasa pastilah memiliki nilai, dan nilai itu sendiri didasarkan dari harga yang merupakan tolak ukur dari barang dan jasa yang bersangkutan. Selain itu kepercayaan pembeli terhadap suatu toko online juga terletak pada popularitas toko online tersebut. Semakin popular toko tersebut maka pembeli semakin yakin dan percaya akan keamanan bertransaksir dengan toko tersebut. Dan adanya jaminan dari toko online terhadap keamanan transaksi berbelanja juga meningkatkan kepercayaan para calon pembeli.



Plurk

Follow

Total Pageviews