Teknologi
informasi saat ini berkembang sangat pesat. Teknologi informasi dibuat untuk
memudahkan para penggunanya dalam mencatat suatu transaksi, menyimpan dalam
bentuk data, mentransformasikannya menjadi informasi dan menyebarkannya kepada
para pemakai informasi.
Menurut
saya perkembangan dan pemanfaatan teknologi komputer dan telekomunikasi dikalangan masyarakat sudah sedemikian cepat
sehingga sudah berbaur dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari orang tua
hingga anak-anak pun tidak ketinggalan mengikuti perkembangan teknologi ini,
dimana perkembangan teknologi ini tentu memiliki nilai positif dan negatif.
Seperti contohnya pada nilai positif semua orang dapat mengakses
informasi dalam sekejap dengan menggunakan internet dan dapat berkomunikasi
dengan cepat pada jarak jauh sekali pun tapi di nilai negatif banyak yang
menyalah gunakan penggunaan internet seperti ketergandungan dengan game online, pornografi,
dan lain-lain.
Penggunaan internet sangat menolong bagi para lapisan
masyarakat pengusaha dan pembisnis atau bahkan masyarakat yang akan memulai
bisnis, karena disini peran internet dapat membantu proses transaksi, serta
tidak menyita banyak waktu karna internet dapat diakses dimana saja hanya
dengan menggunakan leptop atau smartphone.
Dalam dunia
bisnis teknologi informasi mempunyai dampak yang besar, misalnya suatu
transaksi bisnis yang dicatat secara online, akan diolah dan pada saat yang
hampir bersamaan (real-time) hasil pengolahan atau informasinya dapat dilihat,
seperti lazimnya dilakukan para nasabah bank
pada saat melalukan transaksi melalui ATM (Automated Taller Machine). Banyak
orang sangat menyukai berbelanja online dibandingkan offline. Berbelanja di
sebuah toko online memberikan sebuah kepuasan tertentu untuk setiap pembelinya,
dimana pembelinya dapat merasakan manfaat, untuk masalah harga online shop
memakai jenis pasar persaingan sempurna dimana harga terbentuk melalui
mekanisme pasar dan hasil interaksi antara adanya penawaran dan permintaan
sehingga penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga dan sebagai price-taker.
Lalu apa saja
pengaruh kita dalam hal belanja melalui online ini. Menurut saya pribadi, minat
seseorang untuk berbelanja online sangat dipengaruhi oleh kenyamanan, kepuasan
serta persepsi harga yang diberikan oleh suatu toko online. Ketiga faktor
tersebut diatas merupakan faktor kunci dalam mendapatkan hati konsumen dalam
berbelanja. Kepuasan konsumen setelah ia berbelanja online menjadi pengaruh
yang kuat dalam menarik intensi konsumen agar berbelanja kembali pada toko
online yang sama. Sedangkan harga merupakan salah satu faktor penentu dalam
menarik minat seseorang dalam berbelanja. Karena suatu barang ataupun
jasa pastilah memiliki nilai, dan nilai itu sendiri didasarkan dari harga yang
merupakan tolak ukur dari barang dan jasa yang bersangkutan. Selain itu
kepercayaan pembeli terhadap suatu toko online juga terletak pada popularitas
toko online tersebut. Semakin popular toko tersebut maka pembeli semakin yakin
dan percaya akan keamanan bertransaksir dengan toko tersebut. Dan adanya
jaminan dari toko online terhadap keamanan transaksi berbelanja juga
meningkatkan kepercayaan para calon pembeli.
Please reply this comment to my email : resydlibracadabra@gmail.com
ReplyDeleteFrom your old friend ,
RESYID
Thank you ra ��