Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Tuesday 12 March 2013

Tugas 1 Softskill Bahasa Indonesia 2


BAB 1
PENDAHULUAN



1.1  Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi komputer dan aspek multimedia sebagai salah satu bidang dari teknologi informasi yang mendukung dunia pendidikan dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk memvariasikan ataupun menambah metode pembelajaran yang sudah ada saat ini. Kemajuan teknologi informasi dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dengan cara menggunakan paket-paket e-learning yang sesuai. Metode belajar yang baik dapat mempengaruhi pola pikir seseorang dan rasa keinginan untuk belajar akan timbul jika sistem pembelajaran tidak membosankan dan dikemas secara menarik. Sampai saat ini media yang sering dan masih tetap dipergunakan adalah media buku dan pengajar atau guru les di tempat kursus.
Sekarang ini banyak pula buku-buku tentang pembelajaran alat musik biola yang didalamnya terdapat menu kunci-kunci alat musik biola, tetapi bagi pemain alat musik biola yang baru mempelajarinya atau pemula belum dapat memahami metode dari buku-buku tersebut karena mereka tidak mengetahui posisi jari tangan yang benar dan apakah suara yang dihasilkan sudah sesuai pada saat menekan senar dan menggesek biola. Permasalahan yang lain proses belajar mengajar di kelas yang terbatas membuat peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan terutama bagi siswa yang terlambat atau siswa yang tidak dapat hadir saat proses belajar mengajar. Untuk mengatasi hal ini maka, dibutuhkan suatu layanan aplikasi komputer tentang pembelajaran kunci-kunci dasar alat musik biola yang mudah dan memadai dalam penyediaan dan penyampaian informasi.
Metode belajar melalui komputer tidak akan mengganti konsep yang sudah diajarkan, tetapi hanya membantu memahami konsep yang sudah ada. Pembuatan aplikasi tersebut didukung oleh komponen-komponen multimedia yang mencakup video, audio (suara), tulisan (teks), animasi (gerak) dan gambar (grafis) yang dibuat dengan menggunakan Macromedia FlashMX.


1.2  Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk membuat program aplikasi tentang cara belajar kunci-kunci dasar biola menggunakan Macromedia FlashMX, sehingga diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana pendukung dalam proses belajar khususnya bagi pemula yang baru belajar alat musik biola.

No comments:

Post a Comment

Plurk

Follow

Total Pageviews