Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Wednesday 27 March 2013

Tugas 2 Softskill Bahasa Indonesia 2

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Media Internet
Internet memang sudah memasyarakat. dari anak-anak sampai orang tua beramai-ramai bergaul di dunia maya. Mereka bercanda lewat Twitter, Facebook, chatting, hingga menggali informasi dari internet. Tapi sayangnya, kebanyakan dari mereka merasa sudah tahu segalanya, padahal sebetulnya mereka baru mengenal kulit luarnya saja. Banyak di antara pengguna internet sendiri masih belum memaksimalkan fitur-fitur dari media yang tersebar di internet. Contohnya, tak sedikit yang kebingungan mencari keywords ata kata kunci yang akurat saat mencari dengan mesin pencari Google, banyak juga yang masih memakai cara konvensional saat berinteraksi lewat Twitter dan Facebook, tak jarang kita masih berkutat dengan hal-hal yang rumit saat membuat website atau blog, dan masih sedikit yang tahu bagaimana memaksimalkan email untuk segala macam tujuan. (Rafael Vicenkli,2012)
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. (Darma, Jarot S, Shenia A)



2.2 Definisi Multimedia
            Multimedia berasal dari kata ‘multi’ dan ‘media’. Multi berarti banyak, dan media berarti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyimpan informasi. Jadi berdasarkan kata, ‘multimedia’ dapat diasumsikan sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Elemen-elemen tersebut berupa : teks, gambar, suara dan animasi. Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, dimana informasi bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam komputer untuk disimpan, diproses, dan disajikan baik secara linier maupun interaktif.
            Penyajian dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia sebenarnya. Multimedia interaktif adalah bila suatu aplikasi terdapat seluruh elemen multimedia yang ada dan pemakai (user) diberi kebebasan atau kemampuan untuk mengontrol dan menghidupkan elemen-elemen tersebut.
            Dalam industri elektronika menurut Suyanto (2003 : 20), Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar, dan teks (McCormick, 1996) atau multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dan media input atau output  dan data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001) Definisi yang lain dari multimedia, yaitu dengan menempatkan dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh Hofstetter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi).

2.3 Macromedia FlashMX 2004
Macromedia Flash MX atau dapat disingkat Flash MX merupakan perangkat lunak pencipta animasi khususnya pada halaman web yang begitu populer. Dirilis bersama dengan perangkat lunak lainnya dalam paket Studio MX, Macromedia mencoba untuk menancapkan dominasinya pada perangkat lunak yang berjalan pada hampir semua platform komputer dan browser.
Fitur-fitur baru yang hadir pada Flash MX seperti Envelope Modifier maupun fasilitas impor video yang terintegrasi pada perangkat lunaknya. Dengan pembaharuan dalam penanganan perancangan objek gambar, suara maupun video, Flash MX dapat dikatakan mencoba untuk mengakomodasikan keinginan pemakai khususnya perancang animasi yang tidak terdapat pada rilis sebelumnya.(Tito Riberu,2006)

2.4 Alasan Mengapa menggunakan Macromedia FlashMX 2004
Ada beberapa alasan mengapa banyak yang menggunakan Macromedia Flash dalam membuat aplikasi cara belajar kunci-kunci dasar biola di antara beberapa alasan tersebut adalah terintegrasi, dengan macromedia flashMX 2004 kita dapat mendesain semua komponen dari seperti sound, latar belakang, sampai animasi gambar yang kita buat. Macromedia flash menyediakan kemampuan animasi tingkat tinggi. Macromedia flash mudah untuk digunakan.

No comments:

Post a Comment

Plurk

Follow

Total Pageviews