Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Sunday 18 March 2012

Resume Kelompok 2

PERILAKU KONSUMEN

Pada materi ini, saya sebagai anggota kelompok 2 membahas tentang perilaku konsumen. Yang dapat saya simpulkan bahwa perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Tujuannya satu yaitu untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pribadi. Perilaku seorang konsumen terhadap konsumen lainnya itu berbeda-beda tergantung sifat dan karakter mereka. Umumnya perilaku konsumen di Indonesia timbul hanya karena gengsi semata.

Contohnya banyak masyarakat kita yang seakan berlomba-lomba menunjukan jati dirinya dengan membeli barang-barang mewah atau high price. Tujuannya hanya satu yakni agar dipandang oleh orang lain. Yang pada kenyataan barang-barang yang mereka beli pun hanya memuaskan hati semata tapi menguras kantong. Padahal ada baiknya jika kita hendak membeli barang, memikirkan baik buruknya barang tersebut bagi kita dan juga memikirkan perlu tidaknya barang tersebut untuk dibeli. Karena kebanyakan masyarakat Indonesia membeli barang tetapi tidak bisa menggunakannya secara maksimal sehingga keuntungan yang diambil oleh pembeli itu sendiri hanya seper-sekian persen dari apa yang dia bayar atau keluarkan.

Perilaku lain yang dapat dijumpai yakni ikut-ikutan, teman pakai barang ini kita ikut beli barang yang sama yang notabene kita tidak terlalu memerlukannya. Hanya sekedar perasaan iri karena teman bisa membeli barang tersebut tapi kenapa saya tidak, sehingga kita rela membeli barang tersebut.

Menurut pendapat saya, perilaku konsumen di Indonesia sendiri sangat beragam motifnya. apalagi perilaku konsumen dunia. Sebagai konsumen yang baik, ada baiknya jika membeli suatu barang atau jasa, kita memikirkan jangka panjangnya, baik buruknya barang tersebut, kegunaan dan keuntungannya barang itu bagi kita, juga kemampuan kita dalam membeli barang tersebut, serta melihat kualitas suatu barang sehingga kita tidak akan menyesal dikemudian hari.

No comments:

Post a Comment

Plurk

Follow

Total Pageviews