Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Wednesday 21 March 2012

Resume Kelompok 3

PERILAKU PRODUSEN

Resume yang dapat saya ambil dari pembahasan materi Perilaku Produsen yang dibawakan oleh kelompok 3 pada hari Selasa 20 Maret 2012 diantaranya :
Keberhasilan seorang pengusaha dilihat dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.
Dengan perencanaan yang matang, seorang pengusaha mampu memanage perusahaannya yang terkait erat dengan penyusunan strategi, rencana bisnis, serta visi perusahaan. Perencanaan yang matang juga berguna demi tercapainya tujuan perusahaan.
Pengorganisasian, tanpa adanya sistem organisasi dalam suatu perusahaan sama saja artinya perusahaan itu tidak memiliki pondasi yang kuat didalamnya. Perusahaan besar ataupun kecil semestinya membuat suatu susunan organisasi dari level pesuruh hingga manajer agar jelas pekerjaan yang harus dikerjakan oleh masing-masing bagian sehingga tidak terjadi tumpang tindih pekerjaan.
Pengarahan, seorang manajer perusahaan harus bisa mengarahkan dan membimbing anak buahnya demi tercapainya rencana perusahaan.
Pengendalian atau kontrol juga penting dilakukan agar bisa memantau ataupun mengontrol langsung jalannya perusahaan apakah sudah sesuai dengan rencana atau justru sebaliknya.

Selanjutnya yang dapat saya simpulkan dalam presentasi ini yaitu tentang perilaku produsen dikehidupan sehari-hari. Umumnya pedagang di Indonesia tidak konsisten dengan barang yang dia jual. Mereka menjual suatu barang baik itu sandang, pangan, atau papan hanya didasari musimam saja. Dan terkadang meniru dagangan penjual lain yang terlihat laris manis di masyarakat, lalu latah atau ikut-ikutan menjual barang yang sama dengan maksud mendapat untung besar sama seperti penjual yang dia tiru. Menurut saya cara ini memperlihatkan bagaimana perilaku produsen di negara ini tidak kreatif dan bisanya mencontek kreatifitas orang lain, selain itu jika semakin lama semakin banyak pedagang yang menjual barang yang sama, otomatis masyarakat perlahan akan merasa bosan. Padahal jika pedagang tersebut konsisten dengan apa yang dia jual dan menjual barang yang jarang ada penjual barang tersebut didaerahnya, bukan berarti dia tidak bisa menjadi pengusaha suskes, justru karena konsisten dan konsekuen dengan apa yang dia jual, pembeli pun akan tahu dan hafal kalau barang tersebut hanya bisa didapat di toko ini saja dan tidak ada di toko lainnya.

No comments:

Post a Comment

Plurk

Follow

Total Pageviews