Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Wednesday 1 January 2014

Tugas 2 Softskill Pengantar Telematika

Antara IOS dan Android


Pada tugas softskill kali ini, saya akan menulis tentang perbandingan antara dua sistem operasi yang saat ini tengah bersaing ketat dan menjadi dominan di pasar gadget dunia, yaitu IOS dan Android. Tidak dapat dipungkiri memang kedua produk ini adalah produk yang sedang booming di masyarakat terutama pada kalangan remaja. Terdapat perbandingan yang cukup signifikan, baik disisi aplikasi maupun performance dari kedua jenis sistem operasi ini.

Penggunaan operating sistem Android dapat kita temukan pada ponsel seperti  HTC, Samsung, LG, Lenovo, Motorola dan lainnya yang rata-rata diusung oleh perusahaan asal Asia. Android menggunakan sistem operasi linux yang sifatnya open source. Hadirnya ponsel android di Indonesia mampu menarik banyak minat masyarakat khususnya di kalangan remaja untuk berbondong-bondong mencoba produk ini. Dikarenakan banyaknya aplikasi gratis yang ditawarkan.

Sementara itu, IOS  merupakan operating sistem unggulan dari perusahaan besar asal California yaitu Apple. Jika pada Android operating sistemnya bersifat open source, beda halnya dengan IOS yang bersifat tertutup yang artinya aplikasi yang ada di IOS haruslah berlisensi resmi atas izin Apple. Sehingga dari segi keamanan sistem didalamnya, IOS lebih unggul dari Android.

Berdasarkan pengalaman pribadi, ponsel Android memiliki lebih banyak kelemahan dibanding ponsel IOS. Misalnya daya tahan baterai pada Android lebih boros baterai dibanding IOS. Jika kita mengisi ulang baterai atau men-charge pada ponsel android, baterai hanya akan bertahan selama kurang dari 1 (satu) hari saja. Berbeda dengan ponsel IOS yang paling tidak bisa bertahan 3 (tiga) sampai 4 (empat) hari lamanya.
Dari segi tampilan, IOS memiliki tampilan yang dapat dikatakan sederhana yaitu berupa icon-icon yang mewakili fungsi aplikasinya sehingga pengguna mudah untuk memakai ponsel IOS dibandingkan ponsel Android yang dimana tampilannya lebih sukar digunakan oleh user.
Dari segi fisik luar, ponsel IOS hanya memiliki tombol Home saja, sedangkan ponsel Android setidaknya memiliki tombol Home, Back dan Menu. Perbedaan tersebut akan sangat terasa bila kita terbiasa menggunakan Android kemudian beralih ke IOS dan sebaliknya.
Perbandingan yang lain seperti halnya perangkat pendukung seperti charger dan headset pada IOS bisa dikatakan cukup mahal dibanding Android.



No comments:

Post a Comment

Plurk

Follow

Total Pageviews