Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Saturday 7 April 2012

Resume Kelompok 6

Uang, Bank dan Penciptaan Uang

Pada presentasi terakhir mata kuliah softskill, kelompok 6 menjelaskan tentang uang, bank dan penciptaan uang. Disini yang dapat saya simpulkan diantaranya :
Pengertian dari uang adalah merupakan alat tukar dan juga alat pembayaran yang sah. Dahulu, manusia melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan sistem barter (barang ditukar dengan barang).

Pengertian bank adalah suatu badan usaha yang bergerak dibidang keuangan dan berfungsi menyediakan jasa penyimpanan dan peminjaman. Jenis bank ada dua yaitu bank sentral (contohnya Bank Indonesia) dan bank umum (contohnya Bank BNI, Mandiri, BRI dll).

Penciptaan uang adalah proses memproduksi uang baru. Cara menciptakan uang yaitu dengan mencetak uang kertas ataupun uang logam, melalui pengadaan utang dan pinjaman, dan juga melalui beberapa kebijakan pemerintah.

Kebijakan moneter adalah upaya mengendalalikan perekonomian makro ke kondisi yang diinginkan dengan mengatur jumlah uang yang beredar di masyarakat. Dua golongan kebijakan moneter yaitu kebijakan moneter ekspansif dan kebijakan moneter kontraktif.

No comments:

Post a Comment

Plurk

Follow

Total Pageviews