Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Saturday 7 April 2012

Resume Kelompok 5

Analisis Pendapatan Nasional untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi

Pada pembahasan kali ini, beberapa hal yang dapat saya simpulkan diantaranya :
Pengertian pendapatan nasional adalah jumlah seluruh pendapatan yang diterima masyarakat suatu negara dalam periode tertentu, biasanya satu tahun. Tujuannya untuk mengukur atau menghitung tingkat kemakmuran dalam suatu negara. Faktor yang berpengaruh adalah permintaan dan penawaran agregat, konsumsi dan tabungan, dan juga investasi.

Pendapatan nasional dengan perekonomian tertutup sederhana dua sektor adalah produk nasional neto dikurangi pajak tak langsung ditambah subsidi.
Model analisis dengan variabel tabungan adalah pengeluaran yang ditambahkan kepada komponen barang modal yang bertujuan untuk mencari untung.

Hubungan antara pertumbuhan ekonomi, inflasi dan pengangguran. Salah satu masalah jangka pendek dalam ekonomi yaitu inflasi dan pengangguran. Inflasi adalah gejala-gejala yang menunjukkan kenaikan tingkat harga umum dan berlangsung terus-menerus.
Hubungan antara inflasi dengan tingkat pengangguran dapat diartikan jika tingkat inflasi tinggi maka tingkat pengangguran rendah.

Nah, disini saya akan sedikit menjelaskan masalah utama yang dialami oleh negara Indonesia yaitu upah atau gaji rendah dan tingkat pengangguran tinggi. Ini dikarenakan jumlah tenaga kerja baru jauh lebih besar dibanding ketersediaan lapangan pekerjaan setiap tahunnya. Hal ini menimbulkan tingkat pengangguran yang cukup tinggi di Indonesia.
Bagaimana sih cara untuk mengatasi atau meminimalisir tingkat pengangguran? Salah satunya melalui pendidikan, baik formal (sekolah dan kuliah) atau pun informal (seperti pelatihan, kursus dll), selain itu membuka peluang untuk berwirausaha agar masyarakat jadi lebih mandiri.

No comments:

Post a Comment

Plurk

Follow

Total Pageviews